Apakah Anda pernah mengamati perkembangan dunia pengobatan herbal saat ini? Banyak orang yang mulai meninggalkan pengobatan modern dan beralih ke pengobatan herbal. Ada berbagai alasan yang berkembang diantara peminat pengobatan herbal. Selain itu tambahan pengetahuan herbal juga disebarkan semakin luas. Tentu saja juga mendapatkan dukungan dari industri herbal yang mulai dikembangkan oleh dunia pendidikan dan industry farmasi. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Jember yang mengembangkan dunia farmasi herbal. Langkah ini dilakukan dengan membangun sebuah wahana tanaman herbal di atas tanah seluas 13 hektar. Lahan ini tidak hanya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang ingin mengetahui jenis tanaman herbal secara langsung, pihak Universitas Jember juga membuat wahana ini sebagai ladang praktek bagi civitas akademi terutama jurusan Fakultas Farmasi.

Mengapa Herbal Medicine Menjadi Sangat Terkenal

Kita tentu sering melihat adegan film China atau Korea yang memberikan pengobatan herbal kepada orang sakit. Mereka hanya menggunakan berbagai jenis tanaman yang diolah menjadi ramuan obat. Hasilnya penyakit dan berbagai keluhan akan sembuh. Kondisi ini tentu menjadi perhatian bagi Indonesia yang memang memiliki potensi berbagai jenis tanaman yang bisa menjadi Herbal Medicine. Berikut ini adalah dorongan mengapa sekarang banyak orang lebih memilih obat herbal daripada obat kimia.

  1. Banyak orang yang lebih memilih pengobatan herbal karena dipengaruhi dari pikiran. Obat herbal tidak akan memberikan efek samping asal dilakukan dengan aturan yang jelas. Selain itu obat herbal dipercaya bisa memberikan kesembuhan tanpa membuat badan atau penyakit menjadi lebih buruk akibat efek samping. Tentu ini berlawanan dengan obat kimia yang sering menyebabkan efek samping.
  2. Pada dasarnya semua orang percaya bahwa tubuh bisa mengembangkan obat alami terhadap semua jenis penyakit. Dan obat herbal akan mampu mengembangkan kemampuan tubuh ini sehingga tidak perlu menggunakan obat kimia.
  3. Obat herbal bekerja dengan berbagai langkah yang lebih bijaksana seperti memelihara kesehatan secara alami, membantu merawat tubuh agar tidak terkena berbagai penyakit dan memberikan perubahan terhadap kondisi penyakit dengan cara yang aman, lebih pelan dan efek samping yang sangat kecil.
  4. Herbal Medicine dianggap lebih mudah diterima oleh tubuh meskipun dengan cara yang lebih lambat dibandingkan dengan obat kimia, karena itu efek samping juga sangat kecil.
  5. Obat herbal bisa digunakan sebagai produk yang bisa mendukung untuk berbagai metode pengobatan lain dan bisa berjalan bersamaan.
  6. Pengujian terhadap obat herbal sebenarnya sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa negara di kawasan Asia Timur seperti China, Korea dan Jepang sudah percaya dengan obat dari ramuan tanaman herbal sejak dahulu kala. Bahkan masyarakat sudah menggunakannya sejak sebelum obat kimia ditemukan.

Mengapa Industri Herbal Perlu Dikembangkan?

Wahana Herbal Medicine

Pada awalnya pengobatan herbal di Indonesia hanya dilakukan oleh orang yang mempelajari secara manual khasiat dan manfaat tanaman obat. Namun langkah ini memiliki beberapa kelemahan seperti konsumen  yang kurang percaya. Pengujian yang hanya dilakukan berdasarkan hasil percobaan sama sekali tidak mendukung pengobatan herbal. Jadi ada beberapa alasan mengapa dunia pengobatan herbal bisa dikembangkan menjadi sebuah industry.

  1. Industri akan melakukan pengujian terhadap semua jenis tanaman herbal. Pengujian dilakukan untuk mengetahui senyawa yang terkandung, khasiat, manfaat dan efek samping yang ditemukan jika ada.
  2. Pengujian akan membuktikan bahwa konsumen bisa mempercayai sebuah obat herbal karena sudah dilakukan penelitian oleh bidang khusus seperti farmasi herbal.
  3. Industri herbal bisa mengembangkan berbagai jenis produk yang sudah diproses secara higienis, dikemas dengan aman dan dikonsumsi dengan cara yang mudah.
  4. Ketika herbal sudah masuk dalam industri maka secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan masyarakat yang memandang herbal seperti jenis obat kimia.
  5. Industri akan memudahkan masyarakat dalam menemukan produk herbal, mudah digunakan dan sangat praktis. Konsumen tidak perlu menumbuk  jahe atau tanaman lain, tidak perlu merebus dan lebih aman.

Bisakah Obat Herbal Setara dengan Obat Kimia?

Kehadiran pengembangan obat herbal sebenarnya tidak bertujuan untuk mengalahkan obat kimia. Sebab ada jenis obat kimia yang memang dibutuhkan secara khusus untuk keperluan medis. Obat herbal bisa digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti mencegah sebuah penyakit, mendukung pengobatan kimia dan membuat badan tetap sehat. Obat herbal memiliki kemampuan yang lebih lambat untuk menangani penyakit tertentu, sementara obat kimia dengan dosis tertentu akan mengurangi rasa sakit dengan cepat. Jadi obat herba memang tidak bisa setara dengan jenis obat kimia. Namun dukungan industry herbal bisa membuat masyarakat lebih percaya bahwa obat herbal juga sudah mendapatkan pengujian.

Penelitian yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk mengembangkan pengobatan herbal akan sangat mendukung langkah masyarakat  yang sudah mengenal obat herbal. Saat ini banyak masyarakat yang ingin tahu seperti apa jenis tanaman obat herbal dan apakah itu aman untuk digunakan pengobatan. Adanya lembaga pendidikan yang membuka kesempatan kepada masyarakat untuk melihat secara langsung tanaman obat akan sangat menguntungkan. Tidak hanya lembaga pendidikan atau masyarakat tapi juga industri obat herbal yang selama ini sudah mengembangkan berbagai produk. Dalam hal ini Universitas Jember yang mengembangkan bangunan dan lahan untuk pengembangan tanaman herbal akan mendukung berbagai pihak. Anda bisa sesekali mengunjungi sebuah wahana tanaman herbal yang dibuat oleh kampus Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">